TANGGAP COVID-19, DESA BISA APA..? (Langkah & strategi desa untuk mencegah & menaggulangi COVID-19)

 

Posberitanasional.com, 23/4/2020, BABEL – To the points;
Beberapa langkah yang bisa dilakukan & diperkuat di level desa dalam pencegahan & penanggulangan COVID-19;

*DATA
Desa harus punya data setiap orang yang pernah melakukan perjalanan luar daerah/luar negeri. Mendata secara lengkap identitas, riwayat perjalanan & riwayat kontak dll. Data tersebut harus jelas statusnya apakah termasuk PPTG (Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala), OTG (Orang Tanpa Gejala), ODP (Orang Dengan Pemantauan, atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

*EDUKASI
Sekedar mendata setiap orang yang masuk kampung tidaklah cukup, mereka harus dipahamkan untuk melakukan karantina di rumah masing-masing, selain itu diedukasi terkait tanda & gejala covid, cara transmisi, pencegahan, PHBS, tujuan melakukan karantina dan juga nomor kontak petugas yang sewaktu-waktu dapat dihubungi.

*PANTAU & AWASI
Setelah mendata & mengedukasi, tetap harus dipantau dan diawasi selama menjalani proses karantina rumah. Hal itu bisa dilakukan secara rutin by phone atau mengunjungi secara berkala untuk mengetahui keadaannya atau kembali menguatkan pemahamannya tentang COVID-19. Pantau & awasi proses karantina adalah cara terbaik untuk memutus rantai penularan virus corona. Ketika ada yang kondisi kesehatannya memburuk yang mengarah ke COVID-19, dapat langsung diisolasi agar tdk menularkan kepada orang lain dan transmisinya akan terputus. Sehingga fokus selanjutnya adalah pengobatan individu tersebut.

*FASILITASI
Selanjutnya, desa dapat berinisiatif agar setiap individu yang didata dapat difasilitasi dengan memberikan bantuan; seperti sabun cuci tangan, handsanitizer, masker ataupun disinfektan. Hal ini membantu mereka melaksakan perilaku hidup bersih dan sehat selama karantina.

*PEMBERDAYAAN
Saya rasa setiap desa tidak kekurangan orang-orang yang peduli dengan masalah COVID ini. Tinggal bagaimana desa mengakomodir kepedulian mereka dalam bentuk gerakan yang terarah. Ada mahasiwa dan pemuda desa yang bisa dilibatkan menjadi relawan desa, mensupport bidan & perawat desa dalam mendata, mengedukasi dan memantau keadaan PPTG, OTG, ODP, atau PDP. Sampai pada pemberdayaan mahasiswa & pemuda untuk menjahit masker bisa dilakukan apabila hal tersebut difasilitasi oleh pemerintah desa.

Setelah berikhtiar maksimal, kita berharap COVID-19 ini segera berakhir, dan aktifitas di desa-desa kembali normal, aman & sehat.

~ Nurhayati, S.KM.,M.Kes ~
#Posberitanasional.com
#JurusanKeperawatanPoltekesKemenkesPangkalpinang
#MariCegahCorona
#AyoBersamaSamaBasmiCorona
#TetapHidupBersihDanSehat
#PemberdayaanMasyarakat