Dengan Dana Desa Pemdes Karang Rejo II Prioritaskan Pembangunan Fisik

Laporan Jurnalis : Andre

Lampung Utara,
Didukung program bantuan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), perkembangan pembangunan di Desa Karang Rejo II Kecamatan Muara Sungkai, Kabupaten Lampung Utara, Propinsi Lampung, kian meningkat dan tertata rapi.

Kepala Desa Karang Rejo II, I Gusti Kadek Suartika, yang diwakili sekretaris desa, Yuli Yanto, menyampaikan, bahwa, pemerintah Desa Karang Rejo II, di tahun 2020, melalui anggaran Dana Desa tahap pertama, merealisasikan program pembangunan, mendirikan satu unit Ruko Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES, berdimensi volume 12×4 meter dengan pagu anggaran senilai Rp,147. 246.000

“Tujuan utama kami membangun Ruko BUMDES ini untuk meningkatkan kesejahteraan Desa terutama di bidang perekonomian,” terang Yuli sekretaris Desa, Kamis (11/06/2020)

Lanjut Yuli Yanto, sebelum di realisasikan pembangunan pihaknya terlebih dahulu mengadakan rapat atau musyawarah antara kepala Desa dan jajaran untuk mewujudkan sebuah keputusan sekaligus mengetahui apa apa saja yang menjadi kebutuhan warga desa.

“Tentunya hadirnya Ruko BUMDES ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan desa sesuai kebutuhan dan potensi yang ada,” ucapnya

Selain Ruko, Yuli Yanto, menerangkan bahwa Pemerintah Desa juga merealisasikan pembangunan sebuah sumur bor berdimensi volume 60, meter dengan pagu anggaran Rp, 39.188.500, dan satu unit gorong gorong berdimensi volume 6× 0,6× 0,6 meter (P ×L × T) berpagu anggaran senilai Rp, 10. 853. 000, yang tahap pelaksanaannya di kelola oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK).

“Disamping pembangunan itu Dana Desa tahun ini juga dialihkan untuk penanganan virus Covid-19, berupa penyemprotan desinfektan pembagian masker, dan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar,600, ribu rupiah, untuk warga yang kurang mampu akibat terdampak virus Corona ini,” ungkapnya

Yuli Yanto, juga berharap kepada seluruh masyarakat Desa Karang Rejo II, yang mendapat BLT agar bisa bersabar, karena menurutnya dalam waktu dekat akan segera dibagikan kepada warga yang berhak menerima.