Menginginkan Pilkada Tahun 2020 Yang Bermartabat, Mahasiswa Sorsel Menggagas Fokus Grup Diskusi (FGD)

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Sorsel,- posberitanasional.Com
Dalam rangka mewujudkan pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten sorong selatan di tahun 2020 yang bermartabat dan santun mahasiswa dari berbagai kota study asal kabupaten Sorong Selatan melakukan fokus grup diskusi.

Foto bersama KPU Kapolsek teminabuan tenaga medis, OKP/OKPI serata toko masyarakat .

Peserta FDG

Kegiatan fokus grup diskusi (FDG) yang melibatkan KPUD, Bawaslu.pihak polres serta tenaga medis kabupaten Sorong Selatan ini mengusung thema kesiapan penyelenggaraan dalam melaksanakan pemilihan umum di tahun 2020 di situasi new normal. Kegiatan tersebut di laksanakan di gedung putih trinati teminabuan pada, Rabu 15/07/2020.

Dalam acara FDG tersebut di hadiri oleh anggota komisioner KPU devisi teknis pemiluan dan hupmas Nahum krimadi, S.S anggota komisioner Bawaslu Joas Saflembolo, SH, Anitha D kamesrar, S.IK, kopolsek teminabuan Iptu Rusli Makmum, S.Sos, mewakili BPK Kapolres sorsel Kepala distrik teminabuan Frans P. Thesis, S.IP, serta tokoh masyarakat, Cipayung OKP/OKPI serta mahasiswa.

Penyerahan rekomendasi hasil FDG kepada KPUD kabupaten Sorong Selatan .

Usai kegiatan tersebut Ketua panitia Nomensen Bleskadit saat di temui awak media menjelaskan sesungguhnya dasar pemikiran untuk melaksanakan kegiatan di hari ini berangkat dari informasi yang kami terima dari masyarakat yang mana meminta  transparansi informasi dari pihak penyelenggara kepada masyarakat.” Tentang tahapan dan jadwal  ” apa lagi saat ini masyarakat Sorong Selatan baru di hadapkan dengan calon perseorangan atau di kenal dengan sapaan independe” ujar Nomensen.

Nomensen berharap lima dasar pemikiran yang di rekomendasi dari hasil diskusi hari ini yang sudah di serahkan langsung kepada penyelenggara dalam hal ini anggota Komisioner KPUD Nahum Krimadi, S.S bisa di tindak lanjuti, namun menurutnya
Apabila dari usulan kami (mahasiswa)  tidak di tangapi dengan baik maka kami akan menempuh dengan cara menyampaikan pendapat di muka umum atau sering di kenal dengan kata Demo. Tambah nomensen

Pada tempat yang sama Nahum Krimadi,S.S usai menyampaikan Atas nama lembaga KPU sorsel menyampaikan banyak Terima kasih kepada mahasiswa yang mana telah memberikan kritik saran guna terwujudnya demokrasi yang santun.

Ia pun katakan kami atas nama lembaga akan menindaklanjuti lima poin pemikiran yang telah di tuangkan dalam rekomendasi dari hasil FDG hari ini, tetapi dengan cara dan aturan main lembaga yakni melalui mekanisme rapat pleno kelembagaan.

Ia juga katakan Berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2015 tentang tata kerja maka kemitraan yang sangat strategis yaitu pemerintah, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan kelompok ini merupakan mitra dalam penyelenggaraan pemilu.nah terimakasih karena telah di muat dalam rekomendasi dari mahasiswa dalam rangka pemilihan kepala daerah di kabupaten sorong selatan.

Ia menjelaskan mengacu pada PKPU no. 6 tahun 2020 pelaksanaan pemilihan kepala daerah di tengah bencana non alam (covid-19)  secara kelembagaan telah di laksanakan beberapa agenda penting yakni MOU dengan pihak pemerintah melalui dinas kesehatan dan tim gugus tugas covid-19 kabupaten sorong selatan.

Menurutnya Publik silahkan mengkritik dan auto kritik terhadap kinerja kelembagaan tetapi juga kepada anggota komisioner yang melakukan kesalahan demi menjaga marwah demokrasi yang baik di negara ini.

Lebih lanjut ia berharap diskusi seperti ini sangat penting dalam rangka membuka cakrawala berpikir masyarakat sebagai mana politik santuntun, tetapi juga masyarakat secara sadar bisa melakukan hak pilih yang baik Tutupnya.