UPT PKM Airgegas Ikut Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021

Laporan Baim

AIRGEGAS – Inovasi Pelayan Publik ‘Pos Biduan Langsingku Kesohor’ (Pos Pembinaan Terpadu dan Posyandu Lansia yang Terintegrasi Puskesmas Keliling, Akupresur, dan Kesehatan Olahraga) mengikuti tahap Verifikasi Lapangan Presentasi dan Wawancara Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021 di Pos Biduan Langsingku Kesohor, Kantor Desa Bencah. Rabu (15/09/21).

Program Pos Biduan Langsingku Kesohor UPT Puskesmas Airgegas meliputi Senam Sehat, Puskesmas Keliling, Pemeriksaan Gula Darah, Asam Urat, Cholesterol, Pemerikasaan Tekanan Darah, Akupresur dan Pemeriksaan IVA.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengumumkan tanggl 31 Agustus 2021, UPT Airgegas lolos ke TOP 9 Inovasi Pelayanan Publik Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021, hingga melaju Verifikasi Lapangan, Presentasi dan Wawancara.

Kepala DKPPKB Kab.Basel Supriyadi, S.KM, M.K.M., mengatakan, kegiatan hari ini yaitu Verifikasi Lapangan, Presentasi dan Wawancara Tim Juri dari Provinsi dalam rangka Inovasi, masuk TOP 9 dan menuju TOP 3 Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021.

“Inovasi Pos Biduan Langsingku Kesohor yang kita unggulkan ini yaitu suatu inovasi memadukan seluruh kegiatan yang ada di puskesmas bergerak ke dusun atau desa yang jauh dari jangkauan, jadi disana kegiatannya diawali dengan senam sehat bersama, Cek kesehatan, Pemeriksaan IVA, Home Visit dan Home Care yang ada diwilayah itu,” tuturnya.

Inti dari inovasi ini adalah mendekatkan pelayanan yang bermutu, terjangkau dan merata untuk masyarakat, dan berharap inovasi ini bisa direplikasikan di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Jadi dengan inovasi Pos Biduan Langsingku Kesohor dari UPT Puskesmas Airgegas ini seluruh kegiatan kesehatan terpadu dan terintegrasi di dusun atau didesa, intinya adalah mendekatkan pelayanan yang bermutu, terjangkau dan merata diwilayah Kecamatan Airgegas, dan kita berharap inovasi ini bisa direplikasi oleh temem-temen puskesmas Lain yang ada di Kabupaten Bangka Selatan,” pungkasnya.