PARADE KESENIAN KOLABORASI SMPN 2 SELOPAMPANG DAN PEMERINTAH DESA

Laporan Redaksi

Temanggung – Pos Berita Nasional.
Semarak HUT RI 77 Kabupaten Temanggung dengan pementasan kesenian tradisional gaungnya menembus seluruh lapisan masyarakat.
Kolaborasipun dikembangkan antara sekolah dengan masyarakat desa terdekat untuk mendukung kegiatan parade kesenian keliling desa.
Seperti dilakukan SMP Negeri 2 Selopampang Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, membuat sinergi harmonis dengan pemerintah desa Kebonagung dan Desa Bagusan, untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera 17 Agustus 2022 di halaman sekolah.

 

Kepala Sekolah SMPN 2 Selopampang Agus Sugiyanto mengatakan, dukungan masyarakat sekitar sekolah sangat dibutuhkan untuk menunjang program merdeka belajar dan mewujudkan profil pelajar Pancasila.
“Melalui kegiatan parade kesenian ini para siswa dapat mengenal seni budaya di lingkungan setempat, sehingga diharapkan tumbuh rasa memiliki dan kemudian melestarikan nya”, tuturnya.
Prosesi kegiatan dilakukan sesuai Tata Upacara Sekolah dengan pengibaran bendera merah putih dan pembacaan teks proklamasi. Kemudian dilanjutkan dengan parade kesenian bersama grup grup kesenian desa Kebonagung dan Bagusan keliling desa.

Koordinator parade kesenian Kusmanto menjelaskan, route parade kesenian menjangkau tiga desa terdekat sekolah. Pada titik titik tertentu yang dipersiapkan, grup kesenian diberikan waktu untuk melakukan pertunjukan seninya.
“Sedikitnya 20 grup kesenian ikut parade, diikuti warga masyarakat dan seluruh siswa, dengan ujung depan adalah grup drumband dan paskibra SMP Negeri 2 Selopampang”, tandas Kusmanto.

Kepala desa Bagusan Purwanto mengatakan, potensi kesenian desa cukup banyak, tetapi akan dipentaskan secara terjadwal sampai akhir Agustus 2022.
” Warga desa Bagusan dan Kebonagung sangat antusias mengikuti pasai seni
Mereka dari PKK, Lembaga Desa, remaja, TK, PAUD dan para seniman “, pungkasnya.
Setelah pawai keliling desa dilanjutkan pentas seni kuda lumping dan drumband dari siswa SMPN 2 Selopampang. (sumber Budhy – Citizen Journalist)