GELAR BUDAYA GAMBASAN MERIAH DENGAN RATUSAN DOORPRIZE

Laporan Redaksi

Temanggung, Pos Berita Nasional
Gelar Seni Budaya dalam rangka HUT RI 77 Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, masih menggema meski sudah memasuki bulan September 2022.
Seperti dilakukan di Desa Gambasan Kecamatan Selopampang, kemeriahan dimulai ketika jalan sehat ribuan warga menyusuri jalan Desa Gambasan sejauh 3 km.

Peserta dilepas Camat Selopampang Budiyanto diikuti warga dari 2 kabupaten yaitu Magelang dan Temanggung.
“Jalan sehat dengan ribuan peserta ini diharapkan menjadi tradisi masyarakat sehat, sehingga bukan karena ingin doorprize dan hadiah yang menggiurkan, tetapi karena masyarakat ingin sehat”, tutur Camat Selopampang.
Kepala Desa Gambasan Wahyu Cinto Gumono mengatakan, jalan sehat hari ini merupakan rangkaian kegiatan Posbindu dan peringatan HUT RI 77 dengan pentas kesenian tradisional sebagai upaya pengembangan seni-budaya yang dimiliki masyarakat.

“Potensi seni budaya sudah melembaga, diantaranya topeng ireng, warokan, rebana dan sedang digarap kreasi baru kuda lumping. Sedangkan kesenian khas Gambasan adalah seni Angklung modern”, kata Wahyu Cinto Gumono.
Sebanyak 140 doorprize diperebutkan peserta jalan santai dari wilayah Temanggung dan Windusari Kabupaten Magelang. Yang lebih menarik lagi hingga menggugah minat masyarakat Gambasan dan Siladu Magelang adalah hadiah utama berupa sepeda gunung dan seekor kambing.

Dijelaskan Wahyu Cinto Gumono, hadiah sepeda gunung berasal dari donatur sukarela anggota DPD RI Denty Eka Widi Pratiwi dan Toko besi Sakinah Jaya Gambasan. Sedangkan seekor kambing siap potong berasal dari sumbangan kepala Desa Gambasan.
Tak ketinggalan anggota DPRD Temanggung dari Partai Gerindra juga memberikan sumbangan langsung sebesar Rp. 1 Juta dengan ditukar nyanyian lagu kebangsaan dan hafalan Pancasila oleh peserta.

Pagi meriah dengan jalan sehat dan penampilan angklung Jagat Nusantara dengan lagu lagu modern, sore dan malam nya pentas kesenian tradisional yaitu Brondut, topeng ireng, warokan dan gedrug modern. (Sumber : Budhy HP – Journalist)