POSBINDU DESA GAMBASAN WUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT, GEMBIRA DAN SEJAHTERA

Laporan Redaksi

Temanggung, Pos Berita Nasional,Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu( Posbindu ) merupakan kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan kesehatan dan tindak lanjut dini faktor resiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.

Seperti dilakukan Pemerintah Desa Gambasan Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, POSBINDU menjadi kegiatan rutin tiga bulan sekali dengan berbagai variasi kegiatan seperti senam bersama, peneriksaan laboratorium gula darah, kholesterol , adan urat, donor darah, jalan sehat dan lainnya.

Kepala Desa Gambasan Wahyu Cinto Gumono mengatakan, tujuan Posbindu adalah memberdayakan masyarakat untuk peduli kesehatan secara dini.
“Dengan melakukan deteksi dini maka segera dapat diketahui kondisi kesehatan nya, sehingga tidak perlu menunggu sakit baru berobat, tetapi cegah sakit dengan pemeriksaan secara dini”, tuturnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Selopampang, Kapospol dan Danposramil Selopampang, sejumlah tenaga medis dan laboratorium Puskesmas Selopampang, untuk mendukung dan memberikan apresiasi kepada para kader sekaligus penggerakan masyarakat untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
Camat Selopampang Budiyanto menyampaikan, Posbindu sebagai kegiatan rutin tiga bulanan agar terus ditingkatkan pelayanan serta kepesertaan Masyarakat.

“Bagi desa lain sangat diharapkan untuk melakukan hal sama sebagai upaya menciptakan kesehatan masyarakat melalui Posbindu dan melibatkan kader kesehatan, remaja, tokoh masyarakat serta menjadikan donor darah sebagai gerakan kemanusiaan”, tandasnya.
Dalam menyemarakkan kegiatan Posbindu ini Pemerintah Desa Gambasan menyediakan berbagai doorprize menarik sehingga peserta lebih antusias datang ke Posbindu.

Lebih menyehatkan lagi, sebelum dilaksanakan Posbindu terlebih dahulu dilakukan senam masal untuk peregangan dan kebugaran yang dipandu oleh instruktur senam dari Magelang.
Meski sebenarnya manfaat posbindu umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi masyarakat lansia namun pemerintah desa Gambasan berharap mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes melitus, asam urat, kelebihan kolesterol dan darah tinggi, dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan maksimal.
Adapun doorprize akan diberikan diantaranya kepada lansia yang datang paling awal, mereka yg sudah 5 x donor darah, peserta usia termuda, ulama yg ikut hadir memberikan semangat dan peserta lainnya yang beruntung.

Sementara itu petugas donor darah dari PMI Cabang Temanggung, Anjar Dwi Desiyanto mengatakan, peserta donor darah masih didominasi orang dewasa dan lansia dengan golongan darah terbanyak A, O dan B.
“Kedepan diharapkan remaja atau kaum muda bisa ikut donor darah karena donor darah itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, maka perlu kiranya hadir di pos pos donor darah terdekat untuk menyumbangkan darah nya bagi kemanusiaan”, pungkasnya. (Sumber: Budhy HP – Citizen Journalist)