Ponpes Al Mu’min Muhammadiyah Temanggung gelar Tabligh Akbar dan Puncak Almaterra Fest 2022 Sambut Milad ke 41

Laporan Redaksi

Temanggung, Pos Berita Nasional,Tabligh Akbar menjadi ajang puncak penyerahan kegiatan Almatera Fest dalam rangka Milad ke 41 Pondok Pesantren Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, Minggu 30 Oktober 2022

Pondok Pesantren Al – Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung yang dikenal dengan nama Almatera, telah berhasil mencetak santri santri berkulitas melalui pembelajaran terpadu yaitu pendidikan formal dan pondok pesantren.


Pada Milad ke 41 tahun 2022 ini Almatera menyelenggarakan kegiatan Almatera Fest 2022  dengan tema “Spirit 41 Tahun Mengabdi Untuk Negeri”.
Kegiatan ini terdiri dari lima jenis lomba, yaitu Cipta dan Baca Puisi, Cipta Cerita, Pidato Bahasa Indonesia, Tilawah dan Story Telling yang dilaksanakan secara daring.
Direktur Ponpes Almatera KH. Samsyuri Adnan mengatakan, PonPes Almatera memiliki peran penting dalam membekali siswa agar selalu semangat dalam mengembangkan bakat dan minat. “Semangat ini harus diupayakan dan difasilitasi dengan berbagai cara serta bentuk kegiatan.

Melalui pendidikan, pembelajaran hingg pengalaman terjun langsung di tengah masyarakat, termasuk mengadakan event dan kompetisi untuk menambah pengalaman dan pengetahuan”, tandasnya.
Peserta Almatera Fest 2022 adalah siswa SD/MI dan dibuka untuk seluruh wilayah Indonesia. Almatera Fest yang dilaksanakan pada 11 September 2022 hingga 23 Oktober 2022 menghasilkan para juara dimana penyerahan penghargaan dan hadiah nya dilaksanakan pada serangkaian Tabligh Akbar.

Almatera Fest diselenggarakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berkompetisi secara sehat dan menjunjung tinggi sportifitas. Selain itu kompetisi ini juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah dengan PonPes Almatera.
Ketua Panitia Ustazah Abdul Rouf mengharapkan, generasi muda dan para santri khususnya diharapkan dapat menambah wawasan dan mengasah kemampuan khususnya dibidang literasi.

“Alhamduliah antusisme dari para peserta yang berasal dari berbagai daerah menambah semangat kami dalam melaksanakan Almatera Fest 2022, mudah – mudahan kegiatan ini dapat berlanjut rutin dan kedepannya dapat lebih baik”, tukas Ustadz Abdul Rouf.

Sebagai bukti para santri memiliki jiwa literasi yang baik, maka pada puncak Almatera Fest 2022 diluncurkan buku Antalogi “Secerah Rasa Ini” karya santri kelas literasi yang diterbitkan oleh Nyalanesia.
Acara penutup adalah Tabligh Akbar yang dihadiri oleh Ustadz Irfan Nurudin, S.Th.I., M.S.I selaku Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi DIY. (Sumber : Budhy HP Citizen Journalist)