Kapal Patroli Bakamla RI Evakuasi Kapal Terbakar di Selat Bali

Laporan Baim

Bali – Kapal Negara Bakamla RI dengan nama lambung KN. Pulau Marore – 322 turut amankan kapal penumpang yang terbakar di laut. Kejadian berlangsung sesaat setelah didapati laporan melalui Vessel Traffic Service (VTS) Benoa tentang adanya kecelakaan laut yang mengakibatkan kapal terbakar.

Sigap saja, KN. Pulau Marore – 322 yang sedang melaksanakan pengamanan perairan Bali dari Perhelatan G20, langsung menuju titik koordinat terjadinya kecelakaan, yaitu di perairan Selat Bali, Kamis (17/11/2022).

Berdasarkan infomasi awal yang didapat dari VTS Benoa, disebutkan bahwa Motor Vessel (MV) Mutiara I mengeluarkan asap diikuti dengan kobaran api yang terlihat di bagian buritan. KN. Pulau Marore – 322 pun langsung melakukan pemantauan kapal yang terdekat dari lokasi. Komunikasi radio berhasil dilakukan dengan KAL Kadet 6 dan Kadet 7, yang tak lama kemudian melakukan evakuasi penumpang kapal.

Kapal-kapal yang berada di sekitar MV Mutiara I pun turut membantu untuk evakuasi penumpang. Sebut saja KRI REM, KAL Kadet 6 dan 7, serta kapal nelayan turut terlibat menyelamatkan korban. Alhasil kapal yang mengangkut penumpang dan kru berjumlah 272 orang, seluruhnya berhasil diselamatkan. Selanjutnya mereka akan diamankan ke Banyuwangi.

KN. Pulau Marore – 322 melanjutkan tugasnya dengan melaksanakan peran pemadaman kebakaran dan berjaga di sekitar lokasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (Humas Bakamla RI)