Perayaan Natal Tahun 2022, Wujudkan TNI AL Sebagai Rumah Pancasila

Laporan Baim

Jalesveva Jayamahe
Jakarta – TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar perayaan Natal Tahun  2022 yang dilaksanakan di Gedung O.B. Syaaf Koarmada RI, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Rabu, (18/01) dibuka Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Perayaan Natal Tahun 2022 yang mengusung tema, “Natal Mengarahkan Pada Jalan yang Benar” diikuti seluruh Umat Kristiani dari para prajurit dan PNS TNI AL seluruh Indonesia baik secara tatap muka maupun daring.  Khotbah Natal disampaikan Romo David Lerebulan tentang hikmah Natal, perayaan Natal dirangkai dalam beberapa kegiatan sosial yang dirangkum dalam filler kegiatan Natal dan persembahan pujian dari Tim Pesparawi Mabesal yang merupakan Juara I Pesparawi tahun 2022  serta persembahan pujian Natal dari panti asuhan Holy Angel.

Kasal dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakasal mengatakan selain melambangkan hubungan vertikal antara manusia dengan Sang Pencipta, Natal juga memiliki makna sebagai dimensi hubungan horizontal antar sesama manusia yang diwujudkan dalam bentuk saling mengasihi, tolong menolong, serta membantu sesama tanpa memandang latar belakang perbedaan suku, agama, ras dan golongan.

Menurut Kasal, momen natal haruslah menjadi cermin, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang sekitar karena inilah saat yang tepat untuk memperbaiki kualitas penyerahan diri kepada Tuhan dan interaksi dengan sesama, serta bagaimana memaknai hidup agar menjadi berkat untuk alam seisinya.

Kasal berharap agar semangat damai dan kasih Natal selalu menginspirasi seluruh personel TNI AL dalam membawa harapan dan semangat yang baru untuk meningkatkan solidaritas dan persaudaraan guna meningkatkan kinerja organisasi demi menjadikan hari esok yang lebih baik dari hari ini.

Perayaan Natal Tahun 2022 ini juga mempertegas komitmen TNI AL sebagai Rumah Pancasila yang dilakukan oleh para prajurit Jalasena dengan terus menggelorakan semangat Kebinekaan dalam toleransi antar umat beragama, yang diwujudkan secara nyata melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.

Kegiatan yang dipandu pembawa acara Choky Sitohang dan Letda Laut (S/W) Grace Dova juga dimeriahkan dengan video performance Taruna AAL, performance Angel Pieters (Juara II Idola Cilik 2008) serta performa Trio R&B.

(Dispenal).