Pokdarwis Guaeria Masuk Nominasi 20 Besar Nasional

Laporan Jurnalis : Asirun

Halmahera Barat (Malut)

Halmahera Barat – Upaya Dinas Pariwisata (Dispar) Halmahera Barat (Halbar) mengembangkan Kelompok Sadar Wiasata (Pokdarwis) rupanya berhasil. Pasalnya, tiga Pokdarwis yakni, Cendrawasih Babua dari Desa Guaeria, Pokdarwis Bobanehena dan Pokdarwis Gamtala.

Pokdarwis Cendrawasi Babua masuk 20 besar nominasi nasional dalam semangat pengembangan spot pariwisata yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah Pokdarwis Cendrawasih Babua dari desa guaeiria lolos masuk 20 besar nominasi nasional,”ungkap Kadispar Fenny Kiat ketika dikonfirmasi, Rabu (20/8).

Fenny menambahkan, pada Selasa (13/8) lalu, tim juri dan tim dari Kemenpar datang berkunjung dan dilakukan penilaian secara langsung. Hasil penilaian tersebut, tim juri akan memilih 10 Pokdarwis terbaik yang akan mendapatkan apresiasi yang rencananya diumumkan pada akhir september mendatang.

“Pokdarwis Halbar satu satunya yang mewakili Pariwisata Malut,”katanya.

Pokdarwis Cendrawasih Babua, kata Fenny, sudah masuk nominasi 20 besar nasional dari 15 provinsi yang dinilai oleh tim juri apresiasi terdiri dari akademisi, praktisi dan media (Pentahelix). Olehnya itu, dirinya mengikutsertakan tiga desa wisata untuk ikut kompetisi Pokdarwis tingkat nasional di Kemenpar.

“Satu Pokdarwis sudah lolos semi final ke tingkat nasional. Saya berharap akan memacu pokdarwis Cendrawasih Babua yang mengelola desa wisata Guaeria bisa belajar mandiri dan mendorong desa wisata lainnya di Halbar lebih bersemangat lagi,ā€¯ujarnya.