Mahasiswa Tagih Janji Bupati Nabire Bangunkan 2 Asrama Nabire di Jayapura

Laporan Jurnalis : Samuel Sauyar

NABIRE,posberita nasional-.com –Beta tidak, akhir-akhir ini Mahasiswa asal kabupaten Nabire yang kini mengeyam pendidikan di kota studi Jayapura, terus mempertanyakan Janji Bupati Nabire,Isaias Douw terkait pembangunan dua asrama mahasiswa asal Nabire yang letak di Kamkei dan Padang Bulan Jayapura Papua.

Terkait itu disambut sejumlah intelektual dan menjadikan diskusi hangat dalam sejumlah Whastapp Group dan berulangkali posting di akun Facebook, dibahas dan dikritisi terhadap janji orang nomor satu Nabire yang terkesan membohongi para mahasiswa asal Nabire di Jayapura.
Ketika wartawan media ini konfirmasi kepada, Bupati Nabire Isaias Douw membenarkan adanya janji yang dirinya sampaikan kepada mahasiswa kota studi jayapura untuk Pemda akan bangunkan dua gedung asrama di Jayapura.

Benar bahwa mereka temui saya dan saya sampaikan kepada para mahasiswa bahwa Pemda Nabire akan anggarkan untuk membangun dua asrama di Jayapura, satu di Kamkei dan satu di Padang Bulan,tutur Isaias menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers di ruang kerjanya, Rabu (08/07/20) sore.

Isaias mengaku, untuk bangungkan kedua asrama tersebut pihaknya anggarkan 5 miliar pada tahun anggaran berjalan ini (2020). Masing-masing untuk pembangunan asrama mahasiswa Nabire di Kamkei Pemda siapkan anggaran 3,5 miliar sedangkan 1,5 miliar untuk pembangunan asrama di Padang Bulan.

Anggaran saya sudah siapkan, dan sebenarnya pembangunan kedua asrama tersebut dibangun tahun ini tapi terhalang karena saat ini kita semua diperhadakan pada situasi pandemic covid-19,sehingga sampai saat ini asrama kami belum bangunujarnya.
5 Miliar yang dianggarkan untuk pembangunan kedua gedung Asrama Mahasiswa tersebut, dikatakan Isaias, tidak realokasikan untuk penanganan Covid-19. Termasuk bantuan langsung tunai yang beberapa waktu lalu di kirim kepada mahasiswa adalah hasil realokasi dari pos anggaran lain.

5 M itu saya siapkan untuk bangun asrama, lagi pula lalu kami anggarkan bantuan langsung tunai kepada para mahasiswa itu pun dari pos anggaran lain yang direalokasikan untuk penganganan covid-19, itu yang kami bantu bahasiswa terdampak Covid-19tutur Isaias.

Untuk itu, Isaias berharap kepada para mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di Jayapura untuk tetap bersabar sebab dalam tahun berjalan ini kedua Asrama tersebut akan dibangun oleh Pemda.