Sebelum Melakukan Coklit Data Pemili, PPD, PPS dan PPDP  Melakukan Rapid Test

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Sorsel,- posberitanasional.com
Di tengah berlangsungnya pesta demokrasi pilkada dalam setuasi new normal KPU sorong selatan, berkomitmen mengedepankan protokol kesehatan. Hal ini di tandai dengan rapid test yang di lakukan oleh pihak KPU bagi jajarannya di tingkat bawah mulai dari PPD, PPS sekertariat PPS serta PPDP.

PPDP saat menjalani rapid test oleh tim medis .

Kegiatan rapid test yang berlangsung di kantor kampung wenras pada Kamis, 16/07/2020 berjalan lancar dan sukses serat mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Nahum Krimadi, S.S anggota komisioner KPUD devisi teknis kepemiluan saat di temui mengatakan berdasarkan PKPU nomor 06 tahun 2020 tentang pilkada serentak lanjutan. Maka sesuai amanat PKPU  tersebut dalam menjalankan seluruh tahapan di tengah pandemi covid-19 petugas tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Ketua PPD distrik teminabuan saat mengukur suhu oleh pihak medis .

Ia katakan secara kelembagaan KPU telah melakukan MoU dengan dinas kesehatan Pemda serta tim gugus tugas, hal ini di lakukan agar dalam menjalankan tugas tugas kepemiluan di tingkat bawah petugasnya selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Sesuai amanat PKPU nomor 06 tahun 2020 ada tahapan yang menurutnya sangat penting yaitu kami KPU  di minta agar melakukan rapid test atau sueb  terhadap petugas kami yakni PPD, PPS, dan PPDP. Hal ini di lakukan agar memastikan seluruh jajaran di tingkat bawah aman serta terhindar dari virus Corona.

Ia katakan sudah tentu terkait dengan prosedur  serta langkah-langkah dalam menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker menjaga jarak nah hal ini kami telah menyampaikan pada petugas kami saat bimtek, kami yakin petugas kami mampu melakukannya ujarnya.

Berdasarkan PKPU nomor 05 tahun 2020 perubahan ketiga atas PKPU nomor 15  tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal, maka masa kerja PPDP adalah satu bulan  yang di mulai sejak tanggal 15 Juli hingga 15 Agustus 2020 mendatang.

Kata krimadi tim medis yang telah melaksanakan test sueb  tersebut tidak hanya di lakukan di distrik teminabuan melainkan kegiatan yang sama di lakukan secara serentak di lima belas distrik se-kabupaten sorong selatan.

Menurutnya terkait kegiatan test sueb di hari ini, Krimadi pastikan seluruh petugasnya telah mengikutinya seratus persen dengan baik, ungkapnya

Ia juga katakan setelah MoU dengan Pemda sorong selatan dalam hal ini dinas kesehatan telah di tindak lanjut dengan menyurati  lima belas puskesmas dan telah di distribusikan alat rapi tes bagi tim medis di puskesmas masing masing guna melakukan rapid test bagi petugas kami.