Dua Thema utama Menjadi Fokus Pada Debat Publik, Bagi 4 Kandidat

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Sorsel,- posberitanasional.com
Komisi pemilihan umum KPU memastikan empat Pasangan calon bupati kabupaten Sorong Selatan tahun 2020 akan melakukan debat publik dalam waktu dekat ini.

Demikian hal tersebut di buktikan dengan dilaksanakannya rapat koordinasi yang di lakukan di ruang rapat KPU pada Sabtu, 28/11/2020. Serta di hadiri Oleh peserta pemilihan yakni dari masing-masing pasangan  bupati dan wakil bupati yang di wakili oleh Nara hubung.

Nahum krimadi komisioner KPU devisi teknis dan kepemiluan .

Nahum krimadi, S.S anggota komisioner KPU devisi teknis dan kepemiluan saat di temui usai kegiatan tersebut mengatakan secara kelembagaan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan publik kabupaten Sorong Selatan atas dinamika yang terjadi pada kegiatan debat publik putaran pertama.

Sebagi lembaga yang telah di amanatkan dalam menjalankan tugas kepemiluan maka, KPU kabupaten Sorong Selatan telah melakukan klarifikasi kepada institusi yang berwewenang berkaitan dengan dokumen syarat calon dari pasangan nomor urut satu dalam hal ini bapak Alfon sesa, kemudian dari hasil klarifikasi tersebut KPU telah menyampaikan kepada KPU RI melalui KPU provinsi Papua barat ungkapnya.

Dengan demikian terkait hal tersebut KPU akan menjawab oleh lembaga secara hirarki yakni KPU RI melalui KPU provinsi Papua barat, sehingga akan di sampaikan kepada para pihak yang berkepentingan langsung pada momentum pilkada tahun 2020.

Oleh karena itu guna menjawab asas kepastian hukum KPU akan menyapaikan secara tertulis kepada para pihak tetapi juga kepada publik kabupaten Sorong Selatan, agar disenting opini di tengah masyarakat Sorong Selatan tidak menjadi sebuah opini yang di diskusikan berkesinambungan karena hal tersebut telah di selesaikan secara kelembagaan dengan baik.

Selain itu krimadi juga mengungkapkan hasil rapat koordinasi antara KPU dan Nara hubung terkait waktu dan tempat debat publik, dengan berbagi pertimbangan serta penyesuaian terhadap waktu tim panlelis yang berasal dari akademisi dari unventarisasi cendrawasih dan universitas Papua, maka debat tersebut akan di laksanakan di kata Sorong pada tanggal 1 Desember 2020.

Dijelaskannya dalam debat publik putaran kedua nanti akan di fokuskan pada dua Thema utama yakni

” Memajukan Kabupaten Sorong Selatan Menuju Masyarakat Yang Sejahtera.”

“Menuju Sorong Selatan Yang Serasi Aman dan Sehat Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Menurutnya dua thema tersebut telah di bahas bersama antara KPU Sorong Selatan dan juga tim panelis berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2020 tentang kampanye sebagaimana diatur didalam juknis kampanye nomor 465.