Pencemaran Limbah Pabrik Mengakibatkan Ribuan Ikan Mati di Situ Citongtut

Laporan Jurnalis : Agus Chandra

BOGOR-POS BERITA NASIONAL
Ribuan Ikan-ikan mati di situ Citongtut pada hari ini 02 Pebruari 2021 yang berada di desa Cicadas,kecamatan Gunung Putri,Kabupaten Bogor,diduga ada pembuangan air limbah dari perusahaan yang ada sekitar desa cicadas.

Pengurus Bungdes sekaligus tinggal di pinggiran Situ citongtut Aditia mengatakan kepada awak media,”Setu citongtut ini dalam proses masa konserpasi ikan program desa cicadas.

Kalau tercemarnya sudah seminggu lalu ada laporan warga yang ada dihulu aliran setu,itu ikan sudah banyak yang mati karena airnya hitam dan bau,dan mungkin kebawa air hujan juga ada indikasi dari perusahaan yang membuang limbah cair sembarangan sampai akhirnya, puncaknya di hari minggu kemarin jam 09’00 sampai jam 10’00 WIB, pagi itu airnya hitam pekat.

Penyebab kematian ikan-ikan tersebut,”saya pikir itu limbah perusahaan,kalau faktor alam atau cuaca saya rasa tidak ada kematian masal ikan puluhan ribu seperti ini,”pungkasnya.

Terkait tercemarnya Situ Citongtut Kepala Desa Cicadas Dian Hermawan mengatakan kepada awak media,”kalau temuan belum mendapatkan bukti yang akurat,tapi dipastikan kemungkinan besar itu teracun akibat limbah cair dari perusahaan,bukan tidak mungkin Setu atau tanah yang ada di badan Setu itu mengeluarkan limbah beracun,”itu tidak mungkin terjadi,jadi kemungkinan besar,entah disengaja atau tidak itu ada di perusahaan yang membuang air limbah tersebut .

Dari pemerintah desa belum menemukan bukti yang autentik,insyaallah secepat mungkin akan kita undang perusahaan kurang lebih 17 perusahaan yang ada didesa cicadas yang membuang air di aliran sungai yang menuju Situ citongtut,karena kita sudah membuat komitmen untuk menjaga alam,wajib kita menjaga alam, alam menjaga kita supaya Cicadas bersih dari limbah-limbah cair yang saat ini sangat memprihatinkan khususnya di desa cicadas dan umumnya Dikecamatan gunung putri,”insyaallah akan kita tindaklanjuti,”ucapnya

“Yang mati ikan disitu citongtut ini puluhan ribu,yang terakhir tiga bulan lalu dari dinas perikanan kabupaten bogor juga menyumbangkan bibit ikan mujair nila,dan juga dari perusahaan aqua,desa dan kecamatan menyumbangkan bibit ikan di tiga bulan pertama tahun 2020.

Kasus ini sudah ditindaklanjuti kedinas lingkungan hidup kabupaten bogor,langsung ke kadisnya untuk di proses,dan saya minta kerja samanya baik dari unsur komunitas dan teman teman media untuk menjaga alam ini,”pungkasnya.