Anggota DPRD maybrat tinjau pembangunan bendungan danau ayamru

Laporan Jurnalis : Onesimus semunya

Maybrat, posberitanasional-Anggota DPRD kabupaten Maybrat meninjau pekerjaan Bendungan danau Ayamaru yang dikerjakan oleh PT.Rum.Kelman, KSO , dikampung Johafah distrik Ayamaru tengah,Sabtu(11/4/2020).

Ketua DPRD Maybrat Ferdinando Solossa,bersama ketua Fraksi Demokrat Naftali Hara, ketua fraksi kedaulatan rakyat Otniel Solossa, sekretaris komisi B Jufri Sony Kambuaya melakukan peninjauan langsung ke pembangunan bendungan Danau Ayamaru.

Ketua DPRD Maybrat Ferdinando Solossa kepada media ini mengatakan” kami anggota DPRD kabupaten Maybrat mempunyai tugas untuk mengawasi semua program yang bersumber dari APBD kabupaten, APBD provinsi dan juga APBN tingkat pusat yang pelaksanaan kegiatannya ada di maybrat.

Ditambahkan Ferdinando Solossa”ada dua manfaat pembangunan bendungan yaitu proses peredaran uang itu berputar di maybrat,dan juga menjawab pembangunan infrastruktur jalan, jembatan,Air bersih dan pembangunan bendungan irigasi”ujarnya.

Tetapi pekerjaan tersebut merugikan manyarakat artinya merusak habitat hewan endemik di danau itu sendiri maka kami pada prinsipnya tidak mengiginkan hal-hal seperti ini harus terjadi dan juga ,Masalah sosial ekonomi masyarakat yang terkena dampak akibat bendungan besar ini
perubahan kualitas air bendungan akibat pembusukan hutan dan vegetasi yang tergenang,perubahan transportasi sedimen sepanjang alur sungai,perubahan karakteristik banjir yang menyebabkan perubahan habitat flora dan fauna sungai bisa terpunah”kata Ferdinando Solossa.

Pertimbangan yang wajib bagi pemerintah maupun perencana terhadap lingkungan dan manusia yang berada disekitarnya demi kesejahteran bersama dalam pembangunan bendungan tersebut.

Ditambahkan ketua DPRD Ferdinando Solossa” Dampak sosial dari pada Sebelum dibangunnya bendungan kehidupan masyarakat yang berada di sekitar aliran sungai sangat tercukupi dan bahkan makmur, dimana alam masih bekerja sebagiamana mestinya. Merekapun masih memiliki pengahasilan dari sungai yang mereka tempati karena ikan masih mudah untuk mereka dapati dan lahan pertainian cukup untuk menompang kehidupannya karena pasokan air sebagai nutrisi utama bagi tanaman masih terjaga kwalitasnya dan tercukupi untuk ┬áladang mereka.

Bendungan dibangun memang memiliki dampak positif bagi manusia. Tetapi apabila dalam pembanguna suatu bendungan tidak dipertimbangkan secara matang maka banyak masalah yang akan ditimbulkannya bagi manusia itu sendiri, dan kesejahteran bagi masyarakat pun tidak dapat terwujut”ujarnya.